Apa itu Daido Juku KUDO?

Grand Master Takashi Azuma mendirikan Daido Juku KUDO (KUDO) yang berasal dari Kakuto Karate (Combat Karate) pada tahun 1981. KUDO adalah perpaduan dari beberapa olahraga Budo yang menggabungkan teknik pukulan full contact, tendangan, lemparan, dan ground submission.

Pada tradisinya, KUDO menekankan aspek “Reigi”, yaitu menghargai, menghormati, dan etika. Hal-hal tersebut menjadikan KUDO sebuah “Modern Budo”.

KUDO adalah olahraga seumur hidup, sistem pendidikan bagi generasi muda, metode membela diri, dan suatu bentuk pemeliharaan kesehatan bagi orang dewasa. Selain itu, KUDO juga sebuah bentuk MMA yang menekankan sisi kompetisi.

Seiring dengan perkembangan KUDO, saat ini KUDO telah tersebar di lebih dari 60 negara di dunia.

Perkembangan Daido Juku KUDO di Indonesia

Sejarah Daido Juku KUDO di Indonesia diawali oleh 5 Pioneer, yaitu Sensei Endhy Wisnu, Sensei Gusffi Eranu, Sensei David, Sensei Okky Muhammad, dan Sensei Riko Yoi. Pada 2015, kami memulai Study Group Daido Juku KUDO, lalu berlanjut ke tahap Pre-Branch pada tahun 2016 dengan difasilitasi oleh Sensei Bryson Keenan di Jakarta.

Menjelang akhir 2016, kami mendapatkan kehormatan dengan mendatangkan Vice President KUDO International Federation, Shihan Hideaki Takahashi (7th Dan). Beliau melatih kami secara langsung dan menguji sebelum kami berangkat ke KUDO Honbu, Tokyo, Jepang.

Keberhasilan Sensei Gusffi Eranu dan Sensei David lulus dalam ujian Sabuk Hitam (Dan 1) di KUDO Honbu, Tokyo, Jepang pada February 2017 membuat kami resmi menjadi cabang pertama KUDO di Indonesia. Masih pada tahun yang sama, pada bulan November, the 3rd Asia KUDO Championships diadakan di Sendai, Jepang.

3rd Asia Kudo Championship, Sendai Japan

Program latihan KUDO di Komando Indonesia

Komando Indonesia membuka kelas KUDO untuk memberikan kesempatan kepada siapa saja yang ingin mempelajari beladiri ini.
Silahkan hubungi david@komandoindonesia.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai jadwal dan lokasi.

Leave a Comment